Talk Show “KTP Untuk WNA” Undang Imigrasi Cirebon Sebagai Narasumber

Cirebon, (06/03/2019) Kepala Seksi Intelijen dan penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cirebon, Arfa Yudha Indriawan, bersama Kabid Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Eren menjadi narasumber dalam kegiatan dialog interaktif melalui live talkshow di Radio RRI Pro 1 Fm Cirebon dengan tema “KTP untuk WNA”. Dalam talkshow tersebut, Arfa Yudha Indriawan memberikan gambaran kondisi orang asing di wilayah III Cirebon terkait bentuk Pengawasannya dan Penindakannya.

Arfa menekankan bahwa untuk pengeluaran KTP bagi WNA bukan wewenang dari Kantor Imigrasi, “Imigrasi hanya memberikan izin tinggal bagi WNA serta melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing selama berada di indonesia” ujar Arfa.

Sementara itu Eren memaparkan bagaimana proses WNA untuk memiliki KTP, bahwa sesuai aturan memang wajib memiliki KTP. “Terkait masuk dalam daftar pemilih pemilu itu sepenuhnya dari pihak KPU yang mempunyai wewenang”, pungkas Eren.

Diakhir acara Arfa memberikan himbauan kepada masyarakat Cirebon dan sekitarnya untuk melaporkan keberadaan orang asing yang berada di sekitar mereka ke Kantor Imigrasi, sekaligus menitipkan pesan tentang program Kanim Kelas II TPI Cirebon dalam pembangunan zona integritas menuju WBBM terkait konsep nawacita menghadirkan layanan keimigrasian untuk masyarakat melalui Imigrasi Masuk Desa dengan pengambilan biometrik dalam pembuatan paspor dan pengambilan paspor di hari libur Sabtu dan Minggu.